Dampak Pengekangan Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak

Penulis

  • Moh Iqbal Al-Fathoni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Ashfiya Farhanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nyimas Shoffah Shofiyatus Salamah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59029/int.v2i1.13

Kata Kunci:

Galtung; Hadith; Character; Restraint

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada sebab akibat dari pengekangan orang tua terhadap pembentukan karakter anak melalui perspektif  teori Johan Galtung dan juga hadis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui lebih jauh pemicu orang tua  melakukan pengekangan terhadap anak, mengetahui dampak yang terjadi pada anak, dan untuk  mengetahui bagaimana pristiwa ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan penelitian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan pengekangan dari orang tuanya cenderung merasa dirinya sangat terbatasi oleh segala aturan dan terbatasnya komunikasi terhadap sesama. dampak pengekangan oleh orang tua dapat dilihat dari prilaku dan gaya berkomunikasi dari seorang anak.

Referensi

Amin, K. (2005). The Reliability of the Traditional Science of Hadith: A Critical Reconsideration. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 43(2), 255–281.

Balantekin, K. N., Anzman‐Frasca, S., Francis, L. A., Ventura, A. K., Fisher, J. O., & Johnson, S. L. (2020). Positive parenting approaches and their association with child eating and weight: A narrative review from infancy to adolescence. Pediatric Obesity, 15(10), e12722.

Bhatia, A., Fabbri, C., Cerna-Turoff, I., Tanton, C., Knight, L., Turner, E., Lokot, M., Lees, S., Cislaghi, B., & Peterman, A. (2020). COVID-19 response measures and violence against children. Bulletin of the World Health Organization, 98(9), 583.

Franceschelli, M., & O’Brien, M. (2014). ‘Islamic capital’and family life: The role of Islam in parenting. Sociology, 48(6), 1190–1206.

Galtung, J. (2009). Theories of conflict. Transcend.

Haslam, D., Poniman, C., Filus, A., Sumargi, A., & Boediman, L. (2020). Parenting style, child emotion regulation and behavioral problems: The moderating role of cultural values in Australia and Indonesia. Marriage & Family Review, 56(4), 320–342.

Idharoel Haq, A. M., & Ziaulhaq, M. (2021). Studi Kebencian: Analisis Komparasi Pemikiran Bediüzzaman Said Nursi (1877-1960) dan K. H. Ahmad Dahlan (1868-1923). MELINTAS, 35(3), 258–278. https://doi.org/10.26593/mel.v35i3.4660.258-278

Juynboll, G. H. A. (1996). Studies on the origins and uses of Islamic hadīth (Vol. 550). Variorum.

Kholis, N. (2017). Pola asuh dan persepsi sekolah anak buruh migran. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 12(1), 35–56.

Konok, V., Bunford, N., & Miklósi, Á. (2020). Associations between child mobile use and digital parenting style in Hungarian families. Journal of Children and Media, 14(1), 91–109.

Kusumaningtyas, L. E. (2015). Dampak overprotektif terhadap perkembangan kemandirian anak. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 10(1).

Limba, M. (2013). An introduction to Hadith: History and sources. MIU Press.

Miller-Lewis, L. R., Baghurst, P. A., Sawyer, M. G., Prior, M. R., Clark, J. J., Arney, F. M., & Carbone, J. A. (2006). Early childhood externalising behaviour problems: Child, parenting, and family-related predictors over time. Journal of Abnormal Child Psychology, 34, 886–901.

Mirsodiq, I. (2019). Contribution of abu isa tirmidhi to the science of hadith. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 9(1), 593–599. https://doi.org/10.35940/ijitee.A4453.119119

Nurbani, N. (2022). Systematic literature review (SLR) Al-Qur’an-Hadith subjects at Madrasas. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 521–534.

Nurfadilah, M. A., & Netismar, N. (2021). PERSEPSI REMAJA SMP TENTANG POLA ASUH ORANG TUA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 5(02), 110–114.

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Prayoga, A., Irawan, I., & Rusdiana, A. (2020). Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 77–86.

Putri, G. N., Meylani, H., & Agustina, I. (2022). Kritik Hadis Menurut Pemikiran GHA Juynboll dan Joseph Schacht. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 1(1), 59–70.

Rohmalimna, A., Yeau, O., & Sie, P. (2022). The Role of Parental Parenting in the Formation of the Child’s Self-Concept. World Psychology, 1(2), 36–45.

Sahithya, B. R., Manohari, S. M., & Vijaya, R. (2019). Parenting styles and its impact on children–a cross cultural review with a focus on India. Mental Health, Religion & Culture, 22(4), 357–383.

Seddighi, H., Salmani, I., Javadi, M. H., & Seddighi, S. (2021). Child abuse in natural disasters and conflicts: A systematic review. Trauma, Violence, & Abuse, 22(1), 176–185.

Suárez-Relinque, C., del Moral Arroyo, G., León-Moreno, C., & Callejas Jerónimo, J. E. (2019). Child-to-parent violence: Which parenting style is more protective? A study with Spanish adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(8), 1320.

Webel, C., & Galtung, J. (2007). Handbook of Peace and Conflict Studies. Routledge.

Yuliartini, N. P. R. (2019). Legal Protection For Victims Of Criminal Violations (Case Study Of Violence Against Children In Buleleng District). Veteran Law Review, 2(2), 30–41.

Diterbitkan

2023-07-03