Of Menelaah Spiritual Mistisisme Tasawuf Imam Al Ghazali dan Ibnu Arabi

Of Menelaah Spiritual Mistisisme Tasawuf Imam Al Ghazali dan Ibnu Arabi

Penulis

  • Gerry Ismail Anrivika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Mohammad Taufiq Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59029/int.v3i2.37

Kata Kunci:

Tasawwuf ;Mysticism; Spiritual

Abstrak

Tasawuf sering dikaitkan sebagai suatu hal yang mistis, karena dianggap penalaran manusia biasa akan sulit untuk memahami esensi dari tasawuf itu sendiri, sehingga diperlukan pemahaman mendalam terkait spiritualitas makna tasawuf itu sendiri. Penelitian ini bertujuan menelaah perbedaan mistisisme spiritual tasawuf dari kedua tokoh di atas berdasarkan sudut pandang mereka; Melalui pendekatan kualitatif dan metode kajian pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai konsep, praktik, dan manifestasi tasawuf dalam konteks keagamaan dan sosial yang lebih luas. Dengan membedah pemikiran tokoh-tokoh tasawuf utama seperti Imam al-Ghazali dan Ibnu Arabi, penelitian ini menyoroti esensi spiritual tasawuf berdasarkan struktur berpikir kedua tokoh tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tasawuf dari kedua tokoh tersebut, memiliki ciri khas pemahaman dan keunikan maisng-masing, tentunya tidak sedikit pemikiran mereka lahir akibat pengaruh dari para filsuf Yunani. Dampaknya, lahirlah corak pemikiran yang berbeda terkait pandangan spiritualitas yang mereka pahami.

Referensi

Akhiyat. (2016). Tasawuf dan akulturasi budaya: Telaah tasawuf dalam perspektif culture and education. Jurnal As-Salam, 1(1), 1–17.

Al-Ghazāli. (1996). Tahâfut al-Falâsifah. Dar al-Ma’arif.

Al-Ghazali, I. (1993). Ihya’ Ulum al-Din (F. Karim (ed. & trans.); Vol. 4). Darul-Ishaat.

Al-Ghazali, I. (2020). Ihya’‘Ulumuddin. Nuansa Cendekia.

Arabi, I. (2019). Al-Futuhat Al-Makkiyyah: Risalah tentang Ma’rifah Rahasia-rahasia Sang Raja dan Kerajaan-Nya, Terj. Harun Nur Rosyid. Darul Futuhat.

Arabi, I. (2024). Fusus al-Hikam.

Asiyah, D. N. (2022). Pandangan Ibn Al-Arabi Mengenai Wahdat Al-Wujud dan Konsep Kebahagiaan. Spiritualitas, 5(2), 73–82. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v5i2.844

Ayri, Y. S., & Humaira, A. (2023). Perilaku Menyimpang Dalam Pandangan Akhlak dan Tasawuf. MUBEZA: Pemikiran Hukum Dan Ekonomi Islam, 13(1), 7.

Aždajić, D. (2020). Theology in action: gaining interdisciplinary insights from a Sufi perspective. Practical Theology, 13(5), 452–465.

Ba-Yunus, I. (1988). Contemporary sociology: an Islamic critique. Islam: Source and Purpose of Knowledge Proceedings and Selected Papers of Second Conference on Islamization of Knowledge, 1402.

Calis, H. (2022). The theoretical foundations of contextual interpretation of the Qur’an in Islamic theological schools and philosophical sufism. Religions, 13(2), 188.

Deswita. (2017). Konsepsi Al-Ghazali Tentang Fiqh dan Tasawuf. JURIS, 13(1), 84–92.

Dickson, W. R. (2022). Sufism and shari ‘a: contextualizing contemporary sufi expressions. Religions, 13(5), 449.

Ejaz, T., & Hashmi, M. (2024). Western Perspectives on Sufism: Identifying and Classifying Leading Scholars. Tanazur, 5(3), 127–154.

Fasya, A. A. (2022). Konsep Tasawuf Menurut Imam Al-Ghazali. JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy, 2(2), 153–166. https://doi.org/10.28918/jousip.v2i2.6723

Guefara, R. L., Mu’tafi, A., & El Syam, R. S. (2023). Hictorical Of Sufism In Recent Centuries. International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 1(3), 206–214.

Haq, M. Z., & Sen, H. (2021). Transforming Hate into Compassion as an Islamic Nonviolent Thought of Bediüzzaman Said Nursi. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 6(1), 13–30. https://doi.org/10.15575/jw.v6i1.13159

Haq, M. Z., Sugiharto, I. B., & Purwadi, Y. S. (2024). Narasi Kiamat dan Kebuntuan Kapitalisme : Refleksi Kritis atas Kajian Mark Fisher. TEMALI: Jurnal Pembangunan Sosial, 7(2), 152–165.

Indra Purnamanita, E. I. (2023). Kajian Tasawuf Falsafi Mengenai Wahdat al-Wujud Ibn Arabi (1165-1243 M). TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(6), 345–349. https://doi.org/10.47065/tin.v4i6.4629

Ismail, A. I., & Uyuni, B. (2020). Ghazali’s Sufism and Its Influence in Indonesia. DINIKA: Academic Journal of Islamic Studies, 4(1), 21–44. https://doi.org/10.22515/dinika.v4i1.1712

Kahfi, R., Aisyah, S. N., Hijriyah, & Nasution, D. R. N. (2023). Klasifikasi Tasawuf: Amal, Falsafi, Akhlaki. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 4073–4079.

Lipton, G. A., & Zarrabi-Zadeh, S. (2023). Analytic Essay: The Idea of Sufism in the West. In Sufism in Western Contexts (pp. 39–81). Brill.

Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative research methods for the social sciences. Pearson.

Maxwell, J. A. (2008). Designing a qualitative study. The SAGE Handbook of Applied Social Research Methods, 2, 214–253.

Milani, M. (2021). The nature of Sufism: an ontological reading of the mystical in Islam. Routledge.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). vol. 103. PT Remaja Rosdakarya.

Ogunnaike, O. (2020). Sufism, Islamic philosophy, and education in West Africa. In Oxford Research Encyclopedia of African History.

Pakar, S. I. (2013). Tokoh-Tokoh Tasawuf Dan Ajarannya. Deep Publish.

Rahman, M. T. (2021). Sosiologi Islam. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rajab, H. (2019). Tasawuf Falsafi dan Refleksi Pendidikan Islam Membentuk Perilaku Ihsan. Tawshiyah, 14(2), 73–91.

Rehna Ginting, L., & Nadia, M. (2021). Pembentukan dan Perkembangan Tasawuf Falsafi. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 2(1), 50–64. https://doi.org/10.51672/jbpi.v2i1.48

Ridgeon, L. (2020). The origins of Sufism. In Routledge Handbook on Sufism (pp. 3–16). Routledge.

Rosia, R. (2018). Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Inspirasi, 1(3), 86–104.

Samosir, L., Djunatan, S., Haq, M. Z., & Viktorahadi, R. F. B. (2023). Kiat Sukses Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa. Gunung Djati Publishing.

Schmid, H., & Sheikhzadegan, A. (2022). Increasing Spiritual Sensitivity and Faith-Based Service Provision: Pathways to Islamic Social Work BT - Exploring Islamic Social Work: Between Community and the Common Good (H. Schmid & A. Sheikhzadegan (eds.); pp. 1–23). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-95880-0_1

Setiawan, C., Maulani, M., & Busro, B. (2020). Sufism as The Core of Islam: A Review of Imam Junayd Al-Baghdadi’s Concept of Tasawwuf. Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism, 9(2), 171–192. https://doi.org/10.21580/tos.v9i2.6170

Silverman, D. (2015). Interpreting Qualitative Data. Sage Publications.

Solehah, D. U. (2021). Konsep Pendidikan Tasawuf Imam Al-Ghazali. Jurnal Studi Agama, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.28918/jsa.v5i1.1379

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Thibon, J.-J. (2022). Sufi Views on Time and History. In Sufi Cosmology (pp. 89–108). Brill.

Usman, A. H. (2022). The Concept of an Ideal Society: A Review of Fazlur Rahman’s Perspective. In International Journal of Islamic Thought (Vol. 21, pp. 1–12). https://doi.org/10.24035/ijit.21.2022.220

Diterbitkan

2024-12-22
Loading...